Kinerja Smartphone Terbaik Pada Awal 2013

Samsung Galaxy S4 dengan komponen hardware kelas atas, banyak pihak dibuat penasaran dengan performanya.

Bagaimana kinerja Samsung Galaxy S4 dengan ponsel-ponsel pintar lainnya. Primate Labs mencoba mencari jawabannya melalui serangkaian uji kemampuan (benchmark).

Uji kemampuan tersebut yang dikutip oleh Android Community, Samsung Galaxy S4 versi Amerika Serikat disandingkan dengan sejumlah smartphone canggih lainnya, seperti :

  • HTC One, 
  • LG Nexus 4, 
  • BlackBerry Z10, 
  • iPhone 5, dan 
  • Galaxy S3 (versi Amerika Serikat dan internasional) 
Yang harus diperhatikan, Samsung Galaxy S4 versi Amerika Serikat berbeda dengan versi internasional. Samsung Galaxy S4 versi Amerika Serikat memakai prosesor 4-core Qualcomm Snapdragon 600 kecepatan 1,9GHz, sementara Galaxy S4 versi internasional memakai prosesor 8-core (4+4) Samsung Exynos 5 Octa kecepatan 1,6GHz.

Semua ponsel tercanggih di atas diuji kemampuannya dengan aplikasi benchmark Geekbench 2. Lalu bagaimana hasilnya, secara tidak mengejutkan, Samsung Galaxy S4 berada di urutan pertama dengan skor 3163, dan urutan kedua diraih HTC One yang mencetak nilai 2687.

Primate Labs


Sedangkan, LG Nexus 4 menempati urutan ketiga dengan skor 2040 yang termasuk tinggi untuk ukuran smartphone masa kini. Sedangkan Versi internasional dari Galaxy SIII hanya mampu menempati urutan keempat dengan skor 1717.

Bagaimana dengan iPhone 5? ya hanya mampu mencetak nilai 1596 dan harus puas berada diposisi kelima. Skor yang dicetak iPhone kira-kira hanya setengah dari skor Galaxy S4.

Galaxy S4 rencananya akan didistribusikan ke beberapa pasar pada akhir April 2013 dalam waktu berdekatan. Yang masuk pasar Indonesia adalah Galaxy S4 versi internasional. Smartphone ini mengusung layar 5 inci dengan resolusi full-HD (1920 x 1080 pixel).

TERPOPULER