Melampiaskan Amarah Memperpanjang Umur

Gowell Blog - Mengeluarkan amarah atau melampiaskan kemarahan, ternyata dapat menjadi resep panjang umur bagi kita semua. Seperti dikutip dari Medical Daily, Jumat (28/12), studi kesehatan terbaru menunjukkan kemampuan meng-ekspresikan rasa marah dan tidak memendam amarah tersebut di dalam hati, dapat membuat kita lebih enak untuk menikmati hidup.



Dua peneliti asal Universitas Jena di Jerman Marcus Mund and Kristin Mitte mengungkapkan, orang-orang di Jerman dan Italia memiliki harapan hidup dua kali lebih panjang daripada kebanyakan orang di Inggris. Perilaku orang Inggris yang tenang dan diam, ternyata justru berdampak buruk pada kesehatan mental mereka.

Menahan marah atau menahan emosi ternyata tidak hanya membuat pikiran negatif yang ada di dalam pikiran, akan terus mengendap tapi juga menurunkan kemampuan fisik tubuh.

Berdasaekan studi yang dilakukan terhadap 6 ribu orang, Mund dan Mitte menemukan detak jantung yang meningkat menjadi gangguan kesehatan paling awal akibat menahan marah. Gejala sederhana ini dapat terus ber-eskalasi menjadi gangguan jantung dan bahkan gagal ginjal.

TERPOPULER