Bahaya Laser Pointer Mampu Membakar Retina Mata


Semua orang pasti tahu apa yang disebut dengan Laser Pointer? Bila digunakan dengan baik dan benar tentu akan sangat berguna, tapi bagaimana bila disalah gunakan?, apa yang terjadi? Menurut penelitian yang dilakukan oleh National Institute of Standards and Technology (NIST) menemukan bahwa sekitar 90% laser pointer berwarna hijau dan sekitar 44% laser pointer berwarna merah tidak sesuai dengan apa yang ditetapkan oleh Code of Federal Regulations (CFR).

Seperti yang dilansir Slate (22/03/2013), para peneliti mengatakan bahwa apabila laser pointer yang tidak sesuai dengan standar CFR dan mengenai mata, maka akan menimbulkan kerusakan pada sisi retinanya.

Mata manusia dapat diibaratkan sebagai sebuah optik yang maha sempurna. Mata mampu menyesuaikan sampai 100 ribu kali kekuatan cahaya sebelum dikirimkan dan diproses retina, jelas Joshua Hadler, fisikawan sekaligus salah satu peneliti yang ikut dalam proyek penelitian National Institute of Standards and Technology Laser Radiometry.

Secara prosedural, daya batas yang ditetapkan oleh CFR untuk sebuah laser pointer sebesar 5 miliwatt. Namun, beberapa produsen laser pointer justru membuat perangkat tersebut agar dapat memancarkan sinar dengan kekuatan sekitar 66,5 miliwatt.

Tentu saja dengan menangkap cahaya sebesar itu, ada kemungkinan retina mata dapat terbakar. 
Suatu penelitian yang masuk akal karena di tahun 2012 lalu ada sebuah percobaan yang juga menggunakan laser pointer untuk menyoroti sebuah iPad dengan hasil perangkat dari Apple tersebut terbakar setelah disorot beberapa lama.

wow... perangkat keras seperti itu saja bisa terbakar, apalagi dengan retina mata, anda bisa bayangkan. apa yang terjadi? anda semua pasti tahu jawabannya... makanya jangan pernah main-main dengan Laser Pointer

TERPOPULER