Luka Bakar, Rendam Pada Air Mengalir

foto luka bakar
Bila anda, anak, saudara, atau temen terkena Luka bakar yang terjadi akibat kontak dengan benda panas dapat segera diatasi dengan air, kata dokter ahli bedah plastik dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, dr. Prasetyanugraheni, SpBP.

Ada sebuah mitos mengatakan, memberikan pasta gigi untuk atasi luka bakar adalah salah besar. Orang berpikir pasta gigi itu memiliki bahan dingin, tapi saat luka bakar tertutup maka suhu kulit tidak akan menurun, sehingga panas akan menyebar. Ini justru akan memperparah luka bakar. Selain itu, benda-benda tersebut memiliki sifat lengket yang akan menempel pada luka bakar sehingga luka menjadi sulit untuk dibersihkan.

Luka bakar itu panas, agar reaksinya berkurang, maka harus didinginkan melalui air mengalir, ujar Heni pada seminar mengenai luka bakar di Jakarta

Heni menjelaskan bahwa air yang mengalir akan membantu mencegah luka bakar supaya tidak menyebar. Biarkan air mengalir di atas luka selama 10 hingga 30 menit.

Catatan :
Hindari merendam luka bakar di dalam air karena tidak akan berguna, sebab suhu di dalam air akan menjadi hangat, kata Heni.

Lebih lanjut Heni memaparkan agar luka bakar yang baru terjadi sebaiknya jangan diberi air es. "Meskipun dingin, tapi air es dapat menyebabkan frostbite yang memicu hipotermia. Ini justru berbahaya, imbuh Heni.

TERPOPULER